Firasat Telinga Berdenging Bagi Wanita Menurut Islam

Firasat Telinga Berdenging Bagi Wanita Menurut Islam - Gangguan yang terjadi pada organ kepala dan telinga dapat memunculkan masalah seperti telinga berdenging. Kondisi seperti ini hakekatnya bukanlah suara atau suara yang benar-benar berasal dari dalam telinga. Namun suara denging cuma sebuah persepsi yang timbul imbas adanya kelainan yang ada di dalam organ telinga bagian dalam. Dalam dunia medis, keadaan ini dikenal dengan istilah gangguan tinnitus. Apa Itu Tinnitus?

Saat telinga berdenging, awam hal ini dianggap sebagai sesuatu yang mistis atau yakni mitos tertentu, meskipun keadaan ini dapat diterangkan secara medis lho, Moms.

Dalam bahasa medis, telinga berdenging ini disebut sebagai tinnitus. Tinnitus dapat terjadi pada telinga sebelah kiri, kanan, maupun keduanya.

Meskipun disebut telinga berdenging, suara yang terdengar seperti mengaum, berdengung, bersiul, mendesis, malahan berirama seperti detakan jantung juga termasuk sebagai tinnitus.

Firasat Telinga Berdenging Bagi Wanita Menurut Islam

Firasat Telinga Berdenging Bagi Wanita Menurut Islam


Meskipun terdengar remeh, tinnitus dapat mengganggu kesibukan sehari-hari pada penderitanya, malahan sampai menyebabkan kuatir berlebihan, stres, sampai depresi.

Tinnitus dapat terjadi pada siapa malahan, tetapi keadaan ini lebih sering dialami oleh orang lanjut usia. Ketahui lebih lanjut perihal mitos atau fakta perihal telinga berdenging sebelah kiri.


Mitos Firasat Telinga Berdenging Sebelah Kiri
Seperti diceritakan di atas, banyak mitos arti telinga berdenging yang beredar perihal makna telinga berdengung sebelah sekarang ini. Berikut beberapa mitos tersebut dan penjelasannya secara medis.

1. Alat Berdengung Sebelah Kiri Menggambarkan Ada Orang yang Membicarakan Keburukan
telinga berdenging sebelah kiri-1.jpg
Foto: perfecthearing.my

Faktanya, telinga berdengung sebelah kiri yakni gejala ringan tinnitus.

Tinnitus itu sendiri dapat jadi petunjuk adanya penyakit lain di dalam telinga atau otak, seumpama telinga tuli, stress berat pada telinga, penyakit Meniere, tumor pada otak, maupun ketaknormalan aliran darah di sekitar telinga.

2. Mendengar Bunyi Daro Dalam Alat Menggambarkan Tak Waras
telinga berdenging sebelah kiri-2.jpg

Tinnitus bukanlah penyakit mental. Saat seseorang mengidap tinnitus, ia memang akan mendengar suara yang seperti berasal dari telinga atau otaknya yang tak dapat didengar oleh orang lain (tinnitus subjektif) sehingga penderita tinnitus sering dianggap sedang berhalusinasi.

Kadang kala, suara tersebut mirip dengan detak jarum jam atau detak jantung (tinnitus pulsatile).

Dalam kasus yang lebih langka, suara yang didengar penderita tinnitus juga dapat didengar oleh orang lain jikalau ia mendengarkan dengan seksama (tinnitus objektif).


3. Datang ke Konser Menjadi Penyebab Alat Berdenging Sebelah Kiri
telinga berdenging sebelah kiri-3.jpg

Menghadiri satu konser saja tak akan membikin Moms mengalami tinnitus, selain jikalau mengerjakannya berulang-ulang dan dilakukan dalam waktu berdekatan.

Lagipula, mendengar musik terlalu kencang bukan satu-satunya hal yang dapat menyebabkan telinga berdenging sebelah kiri.

Penyebab tinnitus lainnya, antara lain:

Berkurangnya kwalitas pendengaran karena elemen usia yang lazimnya terjadi ketika Anda berusia di atas 60 tahun.
Terpapar suara dengan frekuensi tinggi, seumpama suara gergaji mesin, tembakan, bom, maupun mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang.
Adanya tumpukan kotoran telinga sehingga membikin gendang telinga iritasi.
Berubahnya struktur tulang pada telinga tengah (osteoclerosis). Kondisi ini lazimnya bersifat genetis alias keturunan.
Untuk memastikan penyebab telinga berdenging sebelah kiri yang dialami, lantas periksakan diri ke dokter spesialis THT.

Baca Juga: 5 Kiat Meredakan Sakit Alat pada Bayi di Pesawat

4. Tak Ada Obat untuk Alat Berdenging Sebelah Kiri
telinga berdenging sebelah kiri-4.jpg
Foto: hearingadvancement.com

Obat telinga berdenging sebelah kiri tergantung pada penyebab terjadinya keadaan tersebut. Misalnya, jikalau tinnitus disebabkan kotoran telinga yang menumpuk, karenanya dokter akan buang kotoran telinga sehingga denging di dalam telinga akan teratasi.

Apabila telinga berdenging sebelah kiri disebabkan oleh infeksi telinga, dokter akan meresepkan obat tetes yang mengandung hidrokortison untuk menuntaskan gatal, dan antibiotik untuk meredakan peradangan.

Seseorang juga mungkin sepatutnya menjalani operasi jikalau tumor yang menjadi penyebab tinnitus.

Sesekali, Moms tak perlu mengkonsumsi obat telinga berdenging apa malahan untuk menyembuhkan tinnitus ini. Alat berdenging yang Anda dinikmati setelah menghadiri satu konser, seumpama, akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apa malahan.

Sayangnya, tak seluruh penyebab tinnitus ada obatnya. Alat berdenging sebelah kiri yang diakibatkan paparan suara terlalu keras, seumpama, cuma dapat ditangani dengan terapi atau alat tolong dengar. Sekali telinga sudah rusak, karenanya keadaan itu tak akan dapat normal kembali.

Meskipun demikian, tetap ada pengobatan yang dapat dijalani untuk meningkatkan kwalitas hidup dan meminimalisir efek negatif telinga berdenging, seumpama insomnia sampai depresi.

Tindakan pengobatan tersebut yakni dengan menjalani terapi suara (menggunakan alat tolong dengar), tinnitus retaining therapy, terapi perilaku kognitif, sampai menjalani pola hidup sehat.

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Sumber: sehatq.com

Konten ini yakni kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

sumber lainnya :

https://parenting.orami.co.id/magazine/bukan-mitos-ini-4-penyebab-telinga-berdenging-sebelah-kiri/
https://www.sehatq.com/artikel/arti-telinga-berdenging-sebelah-kiri-mitos-atau-fakta
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4438791/10-penyebab-telinga-berdengin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edit Foto Jadi Kartun Vector

5 Fitur Unggulan Ios 7

Cara Memakai Split Sreen Di Os Android Nougat